Bisnis

Tata Cara Sholat Dengan Tidur Terlentang

Tata Cara SholatAda beberapa hal lain yang perlu diperhatikan berkaitan dengan tata cara sholat, tetapi kali ini akan membahas tata cara dalam tidur terlentang. Tidur terlentang dilakukan oleh setiap orang karena tidak bisa melakukan sholat dalam berdiri maupun duduk, tetapi anggota tubuh masih bisa digerakkan. Biasanya sholat dalam keadaan tidur terlentang ini dilakukan oleh orang yang mengalami kecelakaan berat dengan catatan tidak bisa duduk dan hanya bisa tidur terlentang maka hal tersebut diperbolehkan. Sekali lagi sholat memiliki hukum wajib, tetapi ada beberapa rukhsah atau keringanan yang dapat dicoba oleh setiap orang sehingga nantinya dapat mempermudah bagi umat Islam yang ada kendala dalam melakukan sholat.

Bagaimana Tata Cara Sholat Dengan Tidur Terlentang?

Tata cara yang dilakukan dalam sholat dengan tidur terlentang adalah dengan tidur terlentang dan bacaan yang ada dalam sholat juga tak jauh berbeda dengan posisi sholat yang lainnya. Hal tersebut harus dilakukan wajib oleh setiap orang karena sholat memang hukumnya wajib. Dengan melakukan sholat secara terlentang tersebut diharapkan dapat mempermudah bagi setiap umat Islam yang sedang berhalangan misalnya terkena kecelakaan sehingga posisi saat sholat harus tidur terlentang. Dengan tidur terlentang bukan berarti harus melupakan tata cara sholat. Tata cara yang dilakukan harus sesuai dengan yang telah digariskan dalam syari’at Islam dalam posisi apapun serta bagaimanapun juga.

Bacaan yang harus Anda bacakan apabila sholat dengan posisi terlentang adalah sama dengan posisi yang lainnya tidak ada yang ditambahi ataupun dikurangi, hanya saja posisi gerakannya agak sedikit berbeda dengan yang lainnya. Mungkin kalau posisi duduk agak bisa bergerak merata seperti saat berdiri, tetapi dengan posisi terlentang maka harus dilakukan gerakan sholat yang intinya anggota tubuhnya harus ada yang bisa digerakkan layaknya sholat normalnya. Dari segi takbiratul ihram juga sama yaitu tangan Anda harus digerakkan lalu diletakkan di perut sehingga hampir sama seperti biasanya. Posisi sujud memang tidak bisa dipaksakan sehingga apabila sujud nanti cukup menggerakkan kepala ke bawah sebagai simbol kalau Anda melakukan sujud sesuai dengan tata cara sholat.

Related posts: