Berita

Pihak Pemotong Penghasilan Untuk PPh 21

pajak onlineMungkin dalam benak Anda sebagai pegawai baik tetap atau pegawai lepas pernah terlintas mengenai pemotongan penghasilan yang Anda dapatkan dalam setiap bulannya sebagai gaji bulanan Anda sebagai pembayaran pajak. Namun apakah Anda mengetahui pajak apa yang Anda bayarkan? Besar biaya yang harus Anda bayarkan? Apakah pemotongan penghasilan yang Anda peroleh sudah sesuai dengan aturan wajib pajak? Untuk menghindari penyalahgunaan dari pemotongan penghasilan yang seharusnya Anda peroleh dalam setiap bulannya maka pengetahuan mengenai PPh 21 atau pajak penghasilan 21. Pajak penghasilan 21 merupakan pajak yang wajib dibayarkan oleh semua pihak yang penerima atau memperoleh upah, gaji, tunjangan dan sejenisnya dalam satu tahun masa pajak. Besar presentasi tarif pajak yang harus Anda bayarkan pun memiliki ketentuan-ketentuan khusus sehingga besaran pembayaran pajak memiliki perbedaan dari orang per orangnya.

Siapa Saja Pihak Pemotong Penghasilan Untuk PPh 21?

Setelah Anda mengetahui pengertian secara umum dari PPh 21 dan dasar aturan adanya pajak penghasilan tersebut maka Anda pun perlu mengetahui pihak-pihak yang wajib memotong penghasilan yang Anda peroleh dalam setiap bulannya untuk memenuhi pembayaran pajak yang telah dikenakan pada diri Anda sesuai dengan aturan Direktur Jenderal Pajak PER-32/PJ/2015. Pihak-pihak yang wajib memotong penghasilan yang Anda terima secara umum dibagi menjadi empat, empat diantaranya adalah pemberi lapangan pekerjaan, pembayar gaji atau upah, pemberi honor, komisi dan tunjangan serta yang terakhir adalah bendahara atau badan yang memegang kas pemerintah. Keempat pihak tersebut memiliki peran dalam pemotongan penghasilan yang Anda peroleh dalam setiap bulannya dimana dalam presentasi besarannya akan tetap berpedoman pada peraturan yang sedang berlaku.

Pemahaman mengenai pajak penghasilan bukan sebatas Anda memahami secara teori saja mengenai makna dari pajak tersebut namun Anda pun dapat menjadi peserta wajib pajak yang taat terhadap ketentuan yang berlaku. Untuk menjamin keamanan dari pemotongan uang penghasilan Anda maka pemahaman mengenai pajak PPh 21 perlu diperhatikan minimal mengenai presentasi biaya yang perlu dibayarkan.

Related posts: