Bisnis

Perlakuan Pallet Kualitas Ekspor

Karung Kertas MakananSelain melakukan impor, Indonesia juga kerap melakukan ekspor terhadap berbagai macam produk dalam negerinya. Banyak produk Indonesia yang diekspor ke berbagai negara di dunia, mulai dari produk makanan, minuman, elektronik, kosmetik, obat, kerajinan tangan, dan lain sebagainya. Ketika akan melakukan ekspor, tentu sebuah industri akan melakukan berbagai macam cara agar barang yang mereka kirim tetap dalam keadaan yang baik. Salah satu yang kerap digunakan untuk keperluan ekspor adalah pallet kayu. Pallet merupakan salah satu kemasan yang berasal dari kayu murni yang banyak digunakan dalam keperluan ekspor, industri, perusahaan transportasi, dan lain sebagainya. Pallet kayu juga banyak digunakan oleh perusahaan untuk menyimpan barang produksi atau bahan-bahan produksi di dalam gudang. Ketika Anda menggunakan pallet kayu untuk keperluan ekspor, tentu Anda harus memilih pallet kualitas ekspor agar pallet tersebut dapat menjaga barang/produk Anda tetap dalam kondisi yang baik.

Apa Perlakuan yang Diberikan pada Pallet Kualitas Ekspor?

Ada beberapa perlakuan yang diatur dalam aturan internasional mengenai kayu mentah yang digunakan, salah satunya adalah aturan mengenai heat treatment atau yang biasa disebut dengan perlakuan pemanasan. Aturan yang mengatur perlakuan yang satu ini dikenal dengan ISPM (Internasional Standard for Phyosanitary Measure) No 15. Kadar air maksimal yang diperbolehkan berada pada pallet kualitas ekspor adalah 20%. Hal ini bertujuan untuk mencegah keadaan yang lembab pada kayu. Kondisi yang lembab justru menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk mikroorganisme seperti jamur dan lain sebagainya tumbuh dan berkembang pada kayu. Jamur menjadi salah satu masalah bagi beberapa produk industri, terutama produk makanan dan minuman. Penghilangan kadar air dalam kayu dapat dilakukan dengan pemanasan pada suhu 56 derajat celcius selama 30 menit. Pemanasan dilakukan secara konstan.

Selain ISMP No 15, ada aturan lain yang mengatur kualitas pallet kayu ekspor, yaitu Australian Quarantine and Inspection Service Standars atau yang biasa disebut dengan AQIS Standars. Perlakuan yang diatur pada aturan yang satu ini adalah mengenai fumigasi pada pallet kayu. Fumigasi merupakan sebuah perlakuan secara kimia yang diberikan pada pallet kayu yang digunakan untuk keperluan karantina dan lain sebagainya. Fumigasi sendiri bertujuan untuk menghilangkan hama baik serangga, rayap dan lain sebagainya yang terdapat pada kayu. Demikian perlakuan yang diberikan terhadap pallet kualitas ekspor.

Related posts: