Kesehatan

Perawatan Pasca Melakukan Operasi Katarak

tips kesehatanKatarak adalah penyakit yang terjadi oleh orang-orang yang usianya sudah memasuki tahap lanjut atau lebih dari 40 tahun. Katarak itu tidak bisa disembuhkan, hanya bisa dikurangi tingkatnya. Misalnya yang tadinya +15, jika dioperasi bisa menjadi +11. Sehingga nantinya lensa kacamata yang dipakai tidak akan terlalu tebal dan juga berat. Sudah ada banyak sekali orang yang menjalankan operasi katarak di berbagai Rumah Sakit. Operasi katarak ini tergolong ringan, sehingga tidak terlalu bahaya. Untuk itu bagi yang sudah divonis terkena katarak, maka beranikan diri untuk menjalankan operasi karena itu demi kebaikan. Nah di sini ada beberapa macam perawatan yang bisa Anda lakukan setelah menjalankan operasi katarak.

Perawatan Tepat Bagi Yang Operasi Katarak

Bagi yang baru saja menjalankan operasi katarak, maka Anda harus beristirahat. Akan tetapi bisa juga membaca ataupun menonton TV. Kemudian bagi yang ingin melakukan olahraga ringan juga tidak ada larangannya. Namun ketika keluar rumah, hendaknya hindarilah mata dari debu. Pasalnya debu tersebut akan mempengaruhi mata Anda yang baru saja dioperasi tersebut. Bahkan jika memungkinkan, selama beberapa hari harus di dalam rumah agar mata tetap steril dan tidak terkena cahaya yang terlalu terang. Kemudian Anda harus rajin memberikan obat tetes mata, pasalnya itu untuk pencegahan terjadinya infeksi. Selain itu Anda perlu mengikuti petunjuk dokter yang diberikan kepada Anda.

Apabila Anda merasakan nyeri pada mata yang bekas operasian tersebut, maka cobalah untuk mengonsumsi parasetamol. Namun apabila rasa nyeri masih tetap dirasakan, coba konsultasikan lagi ke dokter karena ditakutkan ada sesuatu yang di luar dugaan. Kemudian pada saat Anda tidur, cobalah untuk menggunakan pelindung mata. Pelindung mata ini harus digunakan selama seminggu full atau sampai kondisi mata sudah benar-benar fit. Selain itu pasien pun tidak boleh membungkuk ataupun membawa berbagai macam barang yang berat-berat. Pasalnya hal tersebut akan meningkatkan kekencangan otot mata, dan hasil operasian pun tidak akan memperbaiki katarak yang Anda derita.

Related posts: