Kesehatan

Penyebab Mata Terkena Penyakit Silinder

tips kesehatanSalah satu penyakit mata adalah silinder. Apa itu penyakit mata silinder? Mata silinder adalah kondisi dimana kornea mata mempunyai bentuk yang tidak sempurna atau tidak cembung normal. Hal tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada mata sehingga didapatkan penglihatan yang kabur atau buram. Karena bentuk lensa mata tidak normal dapat menyebabkan cahaya yang masuk ke retina tidak fokus. Penderita silinder banyak mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Penderita mata silinder biasanya harus memicingkan mata agar melihat benda lebih fokus dan jelas. Penyakit mata ini akan sangat mengganggu dalam melakukan berbagai aktivitas.

Apa Penyebab Penyakit Mata Silinder?

Penyakit mata silinder dapat disebabkan oleh faktor genetik, bisa saja seseorang dari lahir telah mengalami kelainan pada lensa matanya. Selain itu banyak faktor yang dapat menyebabkan mata silinder, antara lain pernah melakukan operasi mata. Operasi mata disebabkan karena katarak atau penyakit lainnya dapat mengubah bentuk lensa sehingga lensa mata mengalami kelainan yang menyebabkan mata menjadi silinder. Kemudian bisa juga karena adanya masalah di kelopak mata. Masalah yang ada di kelopak mata dapat mengubah bentuk kornea mata. Biasanya kelopak mata yang mengalami iritasi kemudian mendorong penderitanya untuk menggosok kelopak dengan kuat sehingga dapat mengakibatkan mata silinder.

Kemudian pembengkakan atau penipisan kornea juga dapat menyebabkan silinder. Selanjutnya infeksi pada mata yang disebabkan oleh virus atau bakteri juga dapat menyebabkan mata silinder. Infeksi pada mata dapat memicu sakit mata yang menyebabkan jaringan parut kornea mata yang kemudian dapat menyebabkan gangguan kesehatan mata hingga mata silinder. Penyakit ini menyebabkan penderitanya harus lebih keras dalam memfokuskan penglihatan, sehingga akan membuat syaraf mata tegang. Hal ini dapat mengakibatkan sakit kepala, terlebih setelah membaca buku atau setelah berada di depan komputer dalam waktu yang lama. Jika Anda menemukan tAnda-tAnda seperti ini, sebaiknya Anda segera memeriksakan mata ke dokter, agar mendapat pengobatan yang tepat.

Related posts: