Kesehatan

Pengobatan Penyakit Retina

Dokter RetinaSama halnya dengan penyakit mata yang lain jenis penyakit retina sendiri terdiri dari penyakit yang bisa di kategorikan ringan hingga berat. Pengategorian ini nantinya akan berimbas dengan bagaimana pengobatannya. Teknologi yang canggih dan mutakhir juga menjadi prasyarat dalam membantu pengobatan penyakit pada retina. Lalu bagaimanakah pengobatan-pengobatan dari penyakit pada retina tersebut?

Teknik Pengobatan Penyakit Retina

Pada umumnya penyakit retina dilakukan pengobatannya dengan jalan operasi. Hal ini karena retina menjadi bagian yang vital dan esensial dari mata itu sendiri sehingga diperlukan beberapa teknik-teknik yang dilakukan, antara lain:

  • Penyuntikan obat pada mata. Penyuntikan yang dimaksud adalah penyuntikan ditujukan pada vitreus atau gel bening pada mata. Penyuntikan ini bertujuan untuk mengatasi degenerasi makula basah, pembuluh darah yang pecah pada mata atau retinopati diabetik.
  • Vitrektomi, yaitu operasi mengganti gel pada vitreus dengan menyuntikkan gas, udara, atau cairan ke dalamnya. Operasi ini bertujuan untuk mengobati pemisahan retina, lubang makula, trauma, atau cidera dan infeksi pada mata.
  • Cyropexy, yaitu tindakan yang dilakukan untuk memperlambat kerusakan pada retina akibat dari luka sekaligus mengembalikan retina agar tetap berada di dinding bola mata. Tindakan ini dilakukan dengan cara pembekuan dinding luar mata untuk mengobati retina yang robek.
  • Scatter laser photocoagulation. Prosedur yang bertujuan untuk menyusutkan pembuluh darah baru yang tidak normal atau pendarahan yang dapat membahayakan mata.
  • Pneumatic retinopexy, yaitu tindakan penyuntikan udara atau gas pada mata yang bertujuan untuk mengatasi beberapa jenis pemisahan retina. Penyuntikan dapat dikombinasikan dengan cyropexy atau laser photocoagulation.
  • Implantasi prostesis retina yang penobatan pada penyakit khususnya retina akut yang telah mengalami kebutaan.
  • Operasi laser yang operasi bertujuan dalam memperbaiki robekan atau lubang pada retina. Pemanasan dengan sinar laser pada bagian yang robek, selain menyembuhkan robekan yang ada di retina, juga akan memicu terbentuknya jaringan parut yang gunanya adalah sebagai pengikat retina dengan jaringan yang menyangganya. Operasi ini juga bertujuan dalam pencegahan ablasi retina.

Begitulah jenis- jenis dan teknik pengobatan dari penyakit retina. Tujuan utama dari teknik pengobatan in adalah agar dapat menghambat, atau menghentikan perkembangan penyakit pada retina sekaligus dapat memperbaiki, menjaga dan mengembalikan ketajaman, fokus dalam penglihatan.

Related posts: