Bisnis

Pedoman Sukses Ternak Jangkrik Di Rumah

Budidaya JangkrikSeperti yang diketahui, jangkrik itu adalah serangga yang selalu aktif ketika malam hari telah tiba. Untuk itu bagi siapa saja yang ingin mencoba ternak jangkrik, tentu harus bisa menyesuaikan tempat budidaya dengan habitat aslinya. Mungkin masih ada yang bingung mengenai manfaat jangkrik. Namun bagi para pencinta burung, pasti akan selalu membutuhkan jangkrik sebagai pakan burung. Di setiap daerah pencinta burung sudah sangat banyak. Sehingga kebutuhan pasokan jangkrik akan terus bertambah. Apabila Anda bisa memenuhi kebutuhan para pencari jangkrik, tentu saja budidaya jangkrik yang dijalankan akan sangat menguntungkan. Tidak percaya? Anda bisa membuktikannya dengan praktek budidaya langsung.

Ternak Jangkrik Yang Menghasilkan Anakan Terbaik

Agar ternak jangkrik bisa memberikan anakan yang baik, maka pada tips pertama Anda harus bisa mendapatkan bibit ataupun indukkan yang berkualitas. Tanpa adanya induk yang berkualitas, maka anakannya pun tidak akan berkualitas. Nah bagi betina dan jantan, usahakan Anda bisa mendapatkannya dari alam bebas. Pasalnya jangkrik liar itu akan lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit. Selain itu jangkriknya pun bisa lebih agresif, sehingga sangat baik jika digunakan untuk budidaya. Tips kedua, Anda perlu menyiapkan kandang jangkrik untuk media berternak. Kandang jangkrik harus ditata dengan senyaman mungkin. Media terbaik untuk menetaskan telur jangkrik itu adalah pasir yang halus. Untuk itu Anda perlu menyiapkannya sekarang.

Selain itu, jika Anda tidak ingin menggunakan pasir pun bisa dengan rumput. Kemudian proses memasukkan jangkrik ke dalam kandang itu harus dengan hati-hati. Kemudian dalam satu kandangnya, usahakan harus 1:2. Maksudnya untuk betina harus lebih banyak dibandingkan jantan. Jika betinanya 50 ekor, maka jantannya harus berjumlah 25 ekor. Dengan begitu hasil anakan akan lebih banyak alias produktif. Tips berikutnya, berikan pakan di dalam kandangnya saja. Ini dilakukan agar Anda sendiri tidak ribet karena harus mengeluarkan jangkrik dari kandang. Kemudian untuk pakannya sendiri, Anda bisa memberikan voor (untuk jangkrik kecil) dan juga wortel, bayam, selada (untuk jangkrik dewasa yang sudah siap dikawinkan). Sekian informasi caranya ternak jangkrik yang baik.

Related posts: