Bisnis

Membuka Usaha Bisnis Cacing Sutra

peluang usahaCacing sutra selalu dicari oleh para pemilik ikan hias khususnya yang air tawar. Karena ada juga yang hobi memelihara ikan hias air laut. Cacing sutra yang memiliki kandungan protein dan gizi yang tinggi ini tentunya sangat baik bagi pertumbuhan ikan. Harga cacing sutra yang relatif stabil ini sangat cocok untuk dijadikan bisnis. Cacing sutra banyak sekali yang membutuhkannya seperti para penggila ikan hias, mancing mania hingga petani ikan air tawar. Sehingga peluang pasarnya cukup bagus dan daya saingnya juga masih terlalu sedikit, sebab masih jarang sekali orang yang melakukan bisnis ini. Selain itu perawatan dan budidaya cacing sutra ini juga relatif mudah sehingga siapa saja dapat membudidayakannya.

Ketika Anda ingin membudidayakan cacing sutra cukup menyediakan lahan dengan kolam seluas 1×2 meter saja dan memiliki endapan lumpur yang halus dan memiliki saluran air yang dapat masuk dan keluar. Dan setiap kubangan memiliki petakan kecil yang berukuran 20x20cm dengan tinggi 10cm. Kemudian lahan tersebut diberi dedak dan pupuk kandang yang sudah dijemur selama 6 jam. Selain itu juga menyiapkan bakteri EM4 guna fermentasi pupuk kandang. Hal ini dilakukan untuk menaikkan kandungan N-organik dan C-organik hingga 2x lipat. Kemudian hasil fermentasi yang bercampur dengan lumpur nanti akan menjadi pakan bagi cacing sutra tersebut. Dalam masa fermentasi tersebut lahan dibiarkan selama 4 hari dengan diisi air setinggi 5cm.

Setelah 4 hari endapan air bagian atas dibuang hingga mencapai 5-10cm dari permukaan lumpur. Kemudian lumpur diratakan dan dibiarkan selama beberapa hari sehingga lumpur halus menjadi banyak di dalam kolam. Setelah itu kolam siap ditaburi dengan induk cacing sutra hingga 3 liter ke dalam kolam. Untuk mendapatkan induknya dapat dibeli di peternak cacing atau juga dipasar. Anda juga dapat memberi makanan cacing berupa ampas tahu atau kotoran ayam. Jauhkan anak kodok yang suka sekali akan cacing sutra. Anda dapat memanennya setelah 75 hari dan panen selanjutnya setiap 15 hari.

Related posts: