Berita

Membuat Rangkaian Dari Komponen Elektronika

rangkaian elektronikaRangkaian Elektronik bisa Anda gunakan untuk membuat berbagai jenis alat yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pengaplikasiannya dapat digunakan sebagai saklar otomatis pompa air. Saklar otomatis pompa air merupakan salah satu bagian dalam pengaplikasian dari sebuah rangkaian elektronika secara sederhana. Kemudian contoh pengaplikasian lainnya adalah membuat alat pengusir nyamuk dari sebuah komponen elektronika. Selain itu ada rangkaian lampu darurat dengan transistor, rangkaian untuk mengetahui kebocoran gas, rangkaian penidur elektronik, rangkaian detector hujan, rangkaian lampu flip flop, rangkaian lampu darurat, rangkaian radio kristal, rangkaian intercom (pesawat sederhana), rangkaian running led, rangkaian remote control transmiter dan rangkaian penerima remote control. Dari sekian banyak contoh pengaplikasian dari rangkaian elektronik Anda harus mencoba merakitnya sendiri. Anda dapat dikatakan berhasil apabila dapat mempelajari bidang tersebut dengan kemauan dan bersungguh-sungguh karena perlu yang namanya percobaan atau pelatihan dalam merangkai sebuah rangkaian elektronik tersebut.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Komponen Elektronika

Perlu diperhatikan juga ketika akan mencoba untuk merakit jangan sampai tergesa-gesa atau mengalami berbagai kesalahan dalam mencobanya agar tidak mengalami terjadinya kerusakan yang fatal. Berikut hal yang harus diperhatikan dalam membuat komponen elektronika adalah;

  1. Lakukan pemeriksaan sambungan pada kaki-kaki komponen elektroniknya. Apakah komponen tersebut telah tersambung sesuai dengan alur rangkaian.
  1. Kemudian perhatikan pada sumber tegangannya apakah besar tegangannya dapat sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh sebuah
  1. Pastikan polaritasnya atau kutub (positif maupun negatif) posisinya tidak terbalik atau dalam posisi yang benar.
  1. Lalu pastikan sumber tenaga telah terhubung ke rangkaian dan periksalah jika ada komponen yang mengeluarkan asap atau yang menyebabkan terjadinya kebakaran jika Anda menemukan segera lepaskan hubungan sumber tegangan dengan rangkaian.
  1. Jika sumber tegangan sudah terhubung ke sebuah rangkaian, lalu lakukan pengukuran tegangan sumber tenaga apabila terjadi penurunan tegangan yang mencolok atau yang menyebabkan terjadinya konslet dalam rangkaian atau dapat disebabkan juga karena terdapat komponen yang rusak.

Apabila seandainya semua komponen dalam keadaan baik dan sambungannya pun sudah sesuai dengan alur rangkaian maka otomatis rangkaian dapat bekerja dengan baik. Namun apabila rangkaian belum dapat bekerja dengan baik maka kemungkinan yang terjadi dapat disebabkan karena tahap penyolderan yang kurang sempurna. Maka lakukanlah pemeriksaan pada jalur yang dicurigai dengan ohm meter. Semoga artikel diatas dapat memudahkan dan membuat Anda lebih berhati-hati dalam membuat suatu komponen elektronika. Selamat mencoba.

Related posts: