Kesehatan

Laser Retina: Kelainan Retina

pengobatan retinaMata merupakan salah satu bagian mata yang sangat penting terutama untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Meskipun merupakan salah satu organ yang sangat rentan terkena gangguan, tidak sedikit orang yang masih mengabaikan kesehatan mata. Mata yang menjadi salah satu organ panca indera ini sangat rentan terkena gangguan yang disebabkan oleh luar tubuh ataupun dari dalam tubuh. Berbagai macam gangguan pada mata semakin kerap menyerang banyak orang dari berbagai kalangan, mulai balita, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Berbagai macam gangguan, kelainan, serta penyakit yang ada sekarang ini sedang terus dilakukan pengembangan. Salah satu metode baru yang saat ini sedang terus dilakukan pengembangan adalah pengobatan mata dengan menggunakan laser retina. Pengobatan dengan menggunakan operasi laser juga memiliki beberapa jenis, mulai dari Lasik, Lasek, PRK, dan lain sebagainya.

Kelainan Retina yang Dapat Diobati dengan Laser Retina

Salah satu bagian mata yang kerap mengalami gangguan adalah retina mata. Retina merupakan sebuah tempat jatuhnya bayangan benda dan kemudian sinyalnya  akan diteruskan ke saraf pusat yang akan membuat Anda dapat mengenali apakah benda tersebut merupakan benda yang Anda kenali atau tidak. Ada beberapa gangguan mata adalah ablasio retina. Penyakit yang satu ini diakibatkan karena sobeknya bagian retina mata pada bagian jaringan saraf. Jika kondisinya dibiarkan, maka akan membuat sobekan semakin parah dan kemudian akan menyebabkan lepasnya lapisan luar retina yang dapat membuat seseorang yang mengalaminya akan mengalami gangguan penglihatan bahkan bisa sampai ke tahap kebutaan permanen. Kelainan yang satu ini kerap terjadi pada mereka yang menderita miopi serta mereka yang mengalami katarak. Anda dapat menggunakan metode laser retina untuk mengobati gangguan yang satu ini. Kelainan yang kedua adalah degenerasi makula. Kelainan yang satu ini disebabkan karena usia lanjut. Retina akan kehilangan kemampuannya untuk menangkap cahaya yang kemudian akan membuat penderitanya mengalami gangguan penglihatan. Kepekaan saraf serta kekuatan saraf akan berkurang dengan bertambahnya usai.

Kelainan yang ketiga adalah terjadinya penyumbatan pada bagian arteri di retina mata. Penyumbatan tersebut dapat disebabkan karena benturan, tertusuk benda tumpul dan lain sebagainya. Arteri yang bertugas membawa darah menuju retina akan terhambat dengan adanya penyumbatan tersebut. Demikian beberapa kelainan yang dapat Anda temui pada mata. Beberapa kelainan tersebut dapat disembuhkan dengan menggunakan laser retina.

Related posts: