Kesehatan

Khasiat Buah Berunuk Yang Jarang Diketahui

tips kesehatanBuah berunuk adalah jenis buah yang  biasa tumbuh secara liar di pinggiran sungai atau di pekarangan ini masih jarang untuk dimanfaatkan. Belum banyak orang yang mengetahui manfaat dari buah berunuk ini. Kandungan yang ada di dalam buah berunuk ini dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Banyak orang yang belum memanfaatkan  karena tidak ada pengetahuan akan kandungan gizi di dalamnya. Beberapa senyawa yang terkandung pada buah berunuk ini sangat beragam seperti flavonoida, saponin, serta polifenol. Pada buah dan daunnya mengandung vitamin A,C & E niasin, thiamin, karbohidrat dan tannin.  Pada buahnya ini juga terdapat senyawa mineral seperti kalsium, fosfor, natrium dan kalium. Dengan Anda mengetahui beberapa kandungan zat yang begitu banyak tersebut pastinya memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.

Manfaat Buah Berunuk Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat dari buah berunuk yang jarang diketahui banyak orang diantaranya adalah:

  1. Mengatasi sakit asma, dalam kandungan buah terdapat senyawa yang membantu penderita asma meningkatkan kesehatan pernapasan dan penyakit pernapasan lainnya.
  2. Mengobati diare, jika Anda menderita diare bisa memanfaatkan buah ini sebagai obatnya. Kandungan zat yang terdapat pada buah berunuk mampu meringankan penderita diare agar tidak kambuh-kambuh.
  3. Meredakan penyakit rematik, saat rematik menyerang sering kali sendi-sendi terasa ngilu yang tak tertahankan. Buah berunuk ini memiliki zat anti inflamasi sehingga dapat meredakan rasa nyeri rematik. Mengonsumsi secara rutin buah ini dapat mencegah rematik kambuh.
  4. Membantu meningkatkan sistem imun tubuh, kandungan zat polifenol ini yang akan berfungsi sebagai zat penangkal radikal bebas.

Buah berunuk ini memiliki rasa yang cenderung pahit oleh sebab itu di butuhkan cara khusus untuk pengolahannya agar lebih mudah dikonsumsi. Beberapa cara yang bisa digunakan antara lain buah merebus buah dan kulitnya hingga mendidih. Setelah mendidih tunggu beberapa saat agar tidak terlalu panas kemudian tambahkan sedikit madu atau gula aren untuk mengurangi rasa pahit dan dapat Anda minum. Demikian ulasan mengenai manfaat berunuk bagi kesehatan tubuh ini, semoga bermanfaat.

Related posts: