Kesehatan

Hindari Stress Untuk Hidup Sehat

tips kesehatanSeperti yang kita tahu bahwa hidup memang tidak semudah membalik telapak tangan. Banyak sekali orang yang hidup baik masih sendiri maupun yang sudah memiliki keluarga memiliki tingkat stress yang cukup tinggi akibat ke tidak siapan menghadapi aneka masalah yang datang dalam hidupnya sehingga justru kemudian stress tersebut berakibat memburuknya kesehatan tubuhnya. Stress adalah bentuk dari ketegangan dari psikis, fisik, mental ataupun emosi yang jika tidak bisa kita manage dengan baik maka akan berakibat pada memburuknya kesehatan kita dan juga berakibat pada menurunnya produktivitas kita dalam bekerja.

Lalu sebenarnya apa yang bisa kita lakukan jika kita mengalami sebuah stress? Stress biasanya akan mengganggu kehidupan kita sehari-hari tanpa kita sadari. Beberapa gangguan kesehatan juga rentan akan kita alami karena stress secara tidak langsung mengganggu pola kerja pikiran kita sehingga berdampak langsung pada kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Di bawah ini adalah beberapa gangguan kesehatan yang biasanya menyerang organ tubuh kita terutama bagian mulut saat kita sedang di landa stress.

  • Gigi berlubang

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab gigi berlubang adalah stress? Stress akan membuat orang terdorong untuk mengonsumsi makanan yang manis untuk memperbaiki moodnya. Selain itu stress secara tidak langsung akan melepaskan sebuah hormon yang membuat produksi air liur dalam mulut berkurang yang akibatnya infeksi gigi dan mulut akan sangat mudah menyerang.

  • Sariawan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa stress juga menjadi salah satu penyebab sariawan. Sariawan adalah sebuah luka terbuka yang berada pada lidah atau dinding mulut yang mengakibatkan rasa sakit saat sedang melakukan aktivitas berbicara dan makan. Meski sariawan juga bisa di sebabkan oleh kekurangan konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, namun banyak peneliti yang berkata bahwa salah satu penyebab terbanyak adalah karena stress.

  • Nyeri rahang

Nyeri rahang juga merupakan salah satu akibat dari stress yang di alami. Mungkin di sebabkan karena penderita stress sering menggeretakkan giginya sehingga terjadilah nyeri pada otot rahang. Jika di biarkan maka akan terjadi akibat yang lebih fatal lagi seperti kesulitan untuk menggigit, mengunyah dan membuka serta menutup mulut.

Related posts: