Berita

Hari Pasaran Jawa Dalam Kalender Jawa

kalender jawaDari zaman dahulu orang-orang Jawa memiliki beberapa perhitungan salah satunya yaitu tentang hari pasaran Jawa, kemudian bulan, tahun, dan lain sebagainya. Hari-hari pasaran ini ditentukan oleh sebuah kalender yang dipercaya memiliki cukup banyak arti dan juga makna dalam menghitung beberapa hal bukan saja hari pasaran Jawa, bulan, dan juga tahunnya, namun juga bisa digunakan untuk mengetahui weton seseorang yang dilihat berdasarkan tanggal lahir, bulan lahir, dan juga tahun lahirnya. Kalender tersebut merupakan kalender Jawa. Ada sebuah mitologi yang pada akhirnya digunakan untuk mengetahui tentang hari pasaran Jawa tersebut yang juga ada di dalam kalender tersebut.

Mitologi Hari Pasaran Dalam Kalender Jawa

Beberapa hari pasaran yang dihitung berdasarkan mitologinya khususnya yang diambil dari kalender Jawa diantaranya sebagai berikut ini:

  1. Batara Surya. Batara Surya ini adalah Dewa Matahari yang turun ke bumi untuk mengubah hitungan 5 bilangan menjadi pasaran yang kini digunakan oleh banyak orang khususnya orang Jawa yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage, dan juga Kliwon.
  2. Brahmana Raddhi. Brahmana ini dijadikan sebagai salah satu penasihat Prabu Selacala untuk membuat sesaji yang diperuntukkan bagi dewa-dewa selama 7 hari 7 malam berturut-turut. Bahkan Brahmana ini memberikan nama untuk sesaji-sesajinya yaitu sesaji emas yang dipuja matahari, kemudian sesaji perak yang dipuja bulan, sesaji gangsa ini adalah salah satu bahan yang digunakan untuk membuat gamelan, lalu sesaji besi yang dipuja bumi, sesaji perunggu yang dipuja petir, sesaji tembaga yang dipuja air, dan yang terakhir adalah sesaji timah yang dipuja oleh angin.

Untuk hari pasaran Jawa itu sendiri berdasarkan kalender Jawa yaitu pasaran Legi, kemudian pasaran Pahing, pasaran Pon, pasaran Kliwon, dan juga pasaran Wage. Tentunya masing-masing pasaran memiliki arti dan juga maknanya tersendiri.  Selain itu hari pasaran ini juga bisa Anda kaitkan dengan hari-hari baik jika akan melakukan sesuatu misalkan panen, dan lain sebagainya. Semoga beberapa penjelasan di atas dapat membantu Anda yang ingin mengetahui ada apa sajakah hari-hari pasaran di dalam Jawa dan juga beberapa sejarah singkatnya.

Related posts: