Bisnis

Cara Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

ac mobil tidak dinginAC mobil tidak dingin merupakan salah satu masalah yang paling umum terjadi pada sistem pendingin mobil. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum paham tentang apa saja faktor yang menyebabkan masalah ini dan bagaimana cara mengatasinya. Sesuai dengan fungsinya yaitu untuk mendinginkan kabin mobil, AC yang kurang dingin tentu akan sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman selama di perjalanan terutama pada siang hari. Bayangkan saja, jika cuaca sedang sangat panas dan AC mobil tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Pasti akan sangat mengesalkan bukan? Oleh karena itu, Anda harus rutin melakukan servis dan perawatan sehingga masalah tersebut tidak berlarut-larut menimpa diri Anda.

Cara Mudah Dan Tepat Untuk Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin

Setiap masalah yang terjadi tentu ada penyebab dan cara mengatasinya. Begitu juga dengan masalah AC mobil tidak dingin. Sebenarnya, ada banyak hal yang menyebabkan mengapa AC mobil menjadi kurang dingin. Sebaiknya, Anda harus mengetahui berbagai faktor yang menyebabkan masalah ini. Setelah mengetahui penyebabnya, maka Anda bisa melakukan tindakan perbaikan dengan cara yang tepat sesuai dengan penyebab yang terjadi. Masalah AC yang kurang dingin dapat disebabkan karena banyak faktor, diantaranya adalah karena putusnya drive belt, kondensor dan radiator kotor, evaporator kotor, terjadi overheating, oli kompresor berlebihan, saluran pembuangan air tersumbat oleh kotoran, kompresor aus, freon yang sudah mulai habis, dan sistem AC mengalami tekanan yang berlebih.

Itulah beberapa penyebab AC mobil menjadi kurang dingin. Namun, masalah yang paling sering terjadi adalah disebabkan oleh freon yang bocor sehingga gas freon cepat berkurang dan habis. Jika masalah ini terjadi, tentu saja Anda harus membawa mobil ke tempat servis AC mobil untuk memperbaiki freon yang bocor dan mengisi gas freon kembali sehingga nantinya AC mobil bisa dingin kembali. Jika penyebab AC mobil tidak dingin adalah karena masalah radiator, evaporator, kondensor, dan saluran pembuangan air yang kotor, maka masalah ini dapat diatasi dengan cara membersihkan bagian-bagian tersebut. Namun, pembersihan harus dilakukan oleh orang yang sudah ahli sehingga tidak dilakukan secara asal-asalan karena bisa menyebabkan kompresor mengalami kebocoran. Semoga sedikit ulasan mengenai cara mengatasi AC mobil yang tidak dingin ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca.

Related posts: