Kesehatan

Berolahraga Di Usia Senja? Kenapa Tidak

tips kesehatanSiapa bilang di usia yang tak lagi muda olahraga sudah tidak berlaku? Justru olahraga sangat dibutuhkan untuk mereka yang sudah tidak lagi muda. Terlalu banyak bersantai tanpa melibatkan aktivitas fisik justru meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Hal ini dikarenakan melemahnya kinerja fungsi otot-otot jantung karena minimnya gerakan fisik. Tak hanya jantung, seiring dengan bertambahnya usia, organ-organ tubuh lainnya juga mengalami penurunan fungsi. Penurunan fungsi-fungsi tersebut dapat terjadi dengan cepat dan lambat tergantung dengan pola hidupnya. Namun, jangan khawatir, penurunan fungsi-fungsi tersebut dapat dikendalikan dengan menerapkan pola hidup sehat yang diiringi dengan melakukan gerakan olahraga ringan supaya hidupnya tetap berkualitas.

Olahraga Ringan Untuk Mereka Yang Tak Lagi Muda

Terdapat empat jenis latihan yang disarankan, diantaranya adalah latihan kekuatan, keseimbangan, peregangan dan ketahanan. Yang berguna untuk melatih otot agar lebih kuat, mencegah osteoporosis, meminimalisir risiko serangan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, menguatkan jantung, pernafasan dan masih banyak lagi. Contoh dari latihan-latihan tersebut diantaranya adalah mengangkat barbel seberat 2 kg selama 5 menit setiap hari, berlari-lari kecil di tempat, berjalan, jogging, berenang, bersepeda, bahkan kegiatan sederhana seperti menyapu, berkebun dan berternak selain sebagai hobi juga bisa dipraktekkan sebagai olahraga ringan yang menyenangkan.

Olahraga sebaiknya dilakukan minimal 3 kali seminggu yang setiap sesinya dilakukan selama 20 menit. Sebaiknya hentikan olahraga apabila didapatkan beberapa gangguan kesehatan seperti nyeri otot, nyeri sendi, kepala sakit atau pusing, dada terasa tertekan atau nyeri, kesulitan bernafas dan gangguan lainnya. Sebelum memutuskan olahraga apa yang baik dan cocok untuk tubuh sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter atau disesuaikan dengan kondisi tubuh dan penyakitnya. Seperti penyakit radang sendi, sebaiknya hindari gerakan olahraga yang terlalu banyak melibatkan sendi. Usahakan berolahraga pada pagi hari di bawah sinar matahari sehat ditemani udara segar serta perbanyak konsumsi makan-makanan sehat mengandung Vitamin D, Vitamin C, makanan berserat, kalsium dan mineral. Kurangi makan-makanan berlemak dan batasi asupan karbohidrat tidak sehat.

Related posts: